Sambutan

 

SAMBUTAN

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Advokat Indonesia

Masa Bhakti 2015-2020

 

Ikatan Advokat Indonesia yang didirikan di Jakarta pada tanggal 10 November 1985. Sejak berdirinya telah menyatakan sebagai Organisasi Profesi Advokat dan Organisasi Perjuangan.

IKADIN sebagai Organisasi Profesi Advokat akan selalu memperjuangkan tegaknya hukum, keadilan dan kebenaran serta memperjuangkan hak dan kepentingan Advokat dalam melaksanakan tugas profesinya sebagai Advokat.

Dalam situasi sekarang ini IKADIN bertekad untuk dapat meningkatkan integritas moral dan profesionalisme bagi anggotanya sehingga diharapkan Advokat IKADIN merupakan Advokat yang berintegritas tinggi yaitu Advokat yang tunduk kepada Kode Etik Advokat Indonesia.

IKADIN bertekad pula untuk mempersatukan seluruh Advokat Indonesia, sehingga diharapkan dengan bersatunya Advokat Indonesia maka akan menjadi satu kekuatan besar di Indonesia dalam upaya menegakkan hukum dan keadilan, sehingga diharapkan Advokat IKADIN bersama dengan seluruh Advokat Indonesia mempunyai komitmen yang sama untuk memberantas praktek mafia peradilan di Indonesia.

IKADIN senantiasa akan menjadikan anggotanya sebagai Advokat Pejuang artinya Advokat IKADIN harus rela berjuang tanpa pamrih agar keadilan di Indonesia ini benar-benar bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.

Mengingat Profesi Advokat adalah profesi yang mulia dan terhormat (officium nobile), maka diharapkan bagi setiap Advokat IKADIN untuk senantiasa menerapkan prinsip officium nobile pada saat menjalankan profesinya sebagai Advokat.

Tugas mulia yang juga harus dilakukan oleh Advokat IKADIN adalah memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang tidak mampu, dengan melibatkan diri pada kegiatan Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) IKADIN yang didirikan oleh Dewan Pimpinan Cabang IKADIN seluruh Indonesia.

Berdasarkan hasil Musyawarah Nasional IKADIN di Banjarmasin pada tanggal 31 Maret – 1 April 2015, maka IKADIN tetap mengakui PERADI sebagai satu-satunya Organisasi Profesi Advokat yang merupakan Organ Negara dalam arti luas yang bersifat mandiri yang juga menjalankan fungsi negara (independent state organ) dan mengingat PERADI didirikan sebagai amanat dari Undang-Undang No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat dimana IKADIN berperan aktif untuk mendirikan PERADI sebagai satu-satunya Organisasi Profesi Advokat, maka IKADIN mendorong kepada anggota IKADIN yang berperan di PERADI pada semua tingkatan untuk tetap mempertahankan sikap sebagai Advokat Pejuang yang tetap menjunjung tinggi integritas moral dan tunduk kepada Kode Etik Advokat Indonesia, sehingga diharapkan Advokat IKADIN menjadi tauladan dalam menjalankan prinsip officium nobile.

Jakarta, 10 November 2015

H. Sutrisno, S.H., M.Hum.