Ikatan Advokat Dukung Langkah KPK Bersih-bersih MA

8c28018d-e229-427d-9820-5562c15022c1_169

Kinerja KPK dalam melakukan bersih-bersih di puncak peradilan Indonesia, Mahkamah Agung (MA) diapresiasi para advokat. Bersih-bersih MA itu ditandani dengan adanya operasi tangkap tangan Panitera PN Jakpus Edy Nasution dan penggeledahan ruang kerja dan rumah Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi pekan lalu.

“Penempatan personel KPK di kantor MA sangat diperlukan untuk mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang terjadi di lembaga tersebut. Di samping itu, penempatakn personel KPK juga bisa untuk mengantisipasi kejadian serupa,” kata Ketua Umum DPP Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN), Sutrisno, dalam siaran pers kepada detikcom, Senin (25/4/2016).

Sutrisno berharap KPK melakukan penyidikan terhadapĀ  pihak terkait di badan peradilan pada semua tingkatan dari pengadilan negeri, pengadilan tinggi sampai MA. Sebab, praktik mafia peradilan tidak akan selesai jika tidak dilakukan penyelidikan secara menyeluruh.

Berdasarkan data dari advokat Ikadin di beberapa daerah menyebutkan adanya praktek mafia peradilan yang semakin marak dan membabi buta. Hal ini disebabkan oleh lemahnya kinerja pimpinan MA dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pengadilan di Indonesia.

“MA saat ini sudah tidak bisa lagi membendung praktik mafia peradilan,” kata Sutrisno menegaskan.

Ikadin berharap KPK bisa menyelesaikan kasus ini hingga ke tingkat pejabat yang lebih tinggi di lingkungan MA, tidak hanya tingkat Sekretaris MA.

“Banyak masyarakat pencari keadilan yang tidak percaya lagi kepada proses peradilan di tingkat kasasi,” pungkas Sutrisno.
(rvk/asp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *